BI Buka Peluang Kembali Menaikkan Suku Bunga

Jum'at, 30 November 2018 - 19:07 WIB
BI Buka Peluang Kembali Menaikkan Suku Bunga
BI Buka Peluang Kembali Menaikkan Suku Bunga
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana kembali menaikkan suku bunga acuan. Hal ini untuk mengantisipasi kebijakan The Fed yang akan menaikkan suku bunga di Desember besok.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memberi sinyal bahwa pihaknya berencana menaikkan suku bunga sebanyak 2 kali. Salah satunya di bulan Desember dan Januari 2019.

"Kami perkirakan kemungkinan Fed fund rate naik masih ada di Desember dan Januari. Dan kemungkinan mereka akan menaikkan 3 kali suku bunga di tahun depan, meski pasar memprediksi sebanyak 2 kali," ujarnya di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Menurut Perry, terakhir kali BI menaikkan suku bunga merupakan langkah antisipasi terhadap rencana kenaikan FFR, khususnya di Desember dan Januari. "Kenaikan (suku bunga BI) terakhir sekaligus mengantisipasi kenaikan suku bunga global dalam beberapa bulan kedepan," sambung dia.

Sebelumnya, pada 15 November lalu, Rapat Dewan Gubernur BI bulanan memutuskan menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak 25 basis poin (bps) ke level 6%. Selain penetapan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate, BI juga memutuskan menaikkan suku bunga deposit facility 25 bps menjadi sebesar 5,25% dan lending facility menjadi sebesar 6,75%.

Dengan memutuskan kebijakan ini, kata Perry, BI mengambil langkah untuk memperkuat ketahanan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Selain itu, mengantisipasi kenaikan suku bunga global.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5128 seconds (0.1#10.140)